Berita Terkini

Perbedaan Win 3X, 9X, 2000, XP

Microsoft Windows 3.0, yang direlease pada bulan Mei 1990
• Dapat mengalamati memori di atas 640KB, dan mempunyai antar muka yang jauh lebih powerful, vendor perangkat lunak yang mandiri mulai mengembangkan aplikasi Windows dengan tenaga (vigor).
• Mode Standard ( 286), dengan dukungan memori besar Mode 386 Enhanced, dengan memori besar dan berbagai dukungan sesi DOS preempitve Tidak tersedia versi runtime Program Manajer dan File Manajer ditambahkan Dukungan jaringan Mendukung untuk lebih dari 16 warna Aplikasi Programming Interface (API) mendukung untuk combo boxes, menu hirarkis, dan private.

Microsoft Windows 3.1, yang direlease pada April 1992,
o Support Mendukung jenis tulisan (font) yang skalabel Truetype Kemampuan Multimedia Obyek Linking and Embedding ( OLE).
o Kemampuan mem-boot kembali aplikasi Mouse Trails untuk mempermudah mouse menggunakan peralatan display LCD Perlindungan Interapplication lebih baik dan diagnostik kesalahan yang lebih baik Mendukung API multimedia
o Networking Kompabilitas API level source dengan Windows NT

Windows 95 direlease pada Agustus 1995.
• Tidak lagi mensyaratkan DOS yang terpisah. Di rancang untuk tetap berjalan bersama dengan Windows NT,
• menawarkan tingkat yang lebih besar dari kompabilitas mundur dengan perangkat lunak dan driver yang lebih tua (terdahulu), atas biaya stabilitas dan keamanan dari Windows NT yang lebih besar. Fitur baru adalah sebagai berikut: Sesuatu yang baru,
• lebih Object-oriented GUI WIN32 API yang baru Preemptive multitasking dari aplikasi Win32 Model memory flat 32-bit Protected memory Mendukung Built-in networking, termasuk dukungan dial-up Model driver 32-bit yang baru Windows 98 Windows 98 direlease sebagai sebuah upgrade terhadap Windows 95.

Windows 98 direlease pada tahun 1998.
 Memiliki kesamaan antar muka (interface) dan fitur dari Windows 95,
32-bit allocation system (FAT32) yang tidak hanya mengijinkan drive hard disk lebih besar dari 2GB, tetapi juga penggunaan disk space yang lebih efisien, mengijinkan file untuk di-load lebih cepat dan mengambil tempat yang lebih sedikit; FAT32 dapat membaca drive hard disk sebesar 2TB (2000GB) Dukungan untuk peripheral Universal Serial Bus (USB) Dukungan untuk WebTV (sejak saat itu berubah menjadi MSN TV)

Pada 1999, Microsoft merelease Windows 98SE (Second Edition),
- Dukungan untuk DVD-ROM Internet Connection Sharing (ICS)
- Meningkatkan waktu startup untuk program Meningkatkan dukungan USB Windows Me Windows Me, atau Millenium Edition, di release tahun 2000 sebagai upgrade dari Windows 98SE.
- Sangat mirip dengan pendahulunya, Windows Me menyertakan kemampuan home networking baru, video capture dan editing, dan mekanisme baru untuk pemugaran system dalam keadaan darurat.

Windows 2000
System operasi full 32-bit Dukungan untuk NTFS atau FAT32, dengan dukungan untuk drive hard disk sebesar 32GB ketika menjalankan FAT32. Windows File Protection, yang menjaga aplikasi yang di install dari penghapusan file system yang penting. Mengurangi beberapa skenario reboot, termasuk instalasi program yang mensyaratkan sebuah reboot untuk perbaikan fungsi. Dukungan untuk sampai 4GB Random Access Memory (RAM) Microsoft Management Console (MMC) Internet integrasi yang lebih kuat dengan Internet Explorer 5.0.1
Terdapat tiga versi Windows 2000 yang berbeda :
1. Professional, Server
2. Advanced Server.
3. Professional di rancang untuk system desktop dan laptop,baik stand-alone dan network, untuk penggunaan individual. Server di rancang untuk menjalankan file dan printer servers. Advanced server di rancang untuk menjalankan server dengan lebih powerful; Advanced server telah mendukung tambahan RAM 4GB.

Windows XP Di release pada akhir tahun 2001,
Windows XP menggantikan tempat Windows family 95/98 dan NT. Didasarkan pada kesamaan kode yang gunakan untuk membuat Windows 2000, XP terbagi dalam dua versi workstation pada saat diluncurkan :
Home dan Professional. Kedua versi menyatukan fitur Windows 2000. Sejak peluncuran asli nya, tiga edisi baru dari Windows XP telah di release. Termasuk diantaranya Media Center Edition, Tablet PC Edition, dan XP Professional x64 (64-bit) edition Catatan : Jika anda ingin meng-upgrade versi Windows terdahulu ke XP, UITS merekomendasikan sebuah intall bersih (clean install) daripada upgrade tradisional, dalam kaitan perbedaan yang kuat antara family sistem operasi yang terdahulu dengan Windows XP.
Windows XP Home Edition telah menggantikan Windows 95, 98 dan Me.
o Beberapa fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh Windows XP Home Edition diantaranya: Cepat, mudah berpindah antar user (pengguna) pada computer yang sama tanpa perlu menutup aplikasi Luna,
o Desktop dengan rancangan terbaru, yang mana menaruh fitur-fituryang sering digunakan pada lokasi yang paling mudah ditemukan pada menu Start
o Peningkatan Windows Media Player , yang mengintegrasikan playback DVD, organisasi musik, dan burning CD. Windows Messenger, yang menawarkan built-in pengiriman pesan secara cepat melalui internet. Windows Movie Maker, yang menawarkan built-in video capture dan editing Internet Explorer 6, versi dari Microsoft web browser terkini. Remote Assistance, yang mengijinkan tehnisi untuk mengambil kontrol komputer sementara untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah, atau untuk mendemonstrasikan fitur-fitur. System Restore, yang mengijinkan komputer untuk menyimpan kembali dirinya terhadap konfigurasi yang terkini jika terjadi sesuatu kesalahan. Network Setup Wizard, mengijinkan setup yang lebih mudah untuk home network untuk file, printer dan Internet connection sharing.
Sumber : www.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar